Jumat, 26 Juli 2013

IR (Infra Red) DALAM PHOTOGRAPHY

IR atau dalam istilah lain Infra Red adalah sebuah manipulasi warna yang dihasilkan dari sebuah karya foto. Sehinga warna yang dihasilkan dari sebuah foto akan menjadi unik dan kelihatan indah. Namun tidak semua orang suka dengan foto yang dihasilkan dengan tehnik Infra Red. Ini biasanya terjadi pada Dokumentasi Wedding, hal di sebabkan jika kita menggunakan tehnik IR pada situasi ini maka Skin tone yang dihasilkan akan berubah.

Sebenarnya ada dua sebutan dalam ranah photography manipulasi warna ini yaitu :


1    1.  False Color.
Karya photography dalam ranah manipulasi warna ini akan menghasil warna unik yang enak untuk di pandang mata dan terjadi perubahan dari warna yang sebenarnya kita lihat dengan mata kita dengan hasil jepretan dari kamera kita. Biasanya perubahan yang terjadi pada warna hijau yang berubah menjadi merah, hijau menjadi ungu, hijau manjadi orange dan berbagai perubahan warna lainnya.

      2.   BW IR
Ranah ini yang sebenarnya patut disebut sebagai IR photograpy. Karena IR photography dihasilkan dari manipulasi warna dasar menjadi warna BW  ( black & white ). Ini disebabkan jika cahaya yang mengenai suatu warna dan sampai ke lensa kamera yang memang di set untuk Infra Red murni maka akan menghasilkan foto hitam putih. Meskipun hasilnya hitam putih namun dimensi yang dihasilkan sangat jauh berbeda dengan hasil foto black & white yang dihasilkan dari sebuah foto berwarna yang di konversi lewat photoshop.

Cara meghasilkan  foto IR / False Color
Ada beberapa cara yang bisa kita tempuh untuk menghasilkan foto yang warnanya akan termanipulasi diantaranya adalah dengan cara :

1.   1.  Oprek Kamera
Cara ini memang sangat efektif untuk mengahsilkan foto IR dimana hasilnya akan sangat terasa, namun ada kelemahan untuk cara yang satu ini yaitu kamera akan permanen menghasilkan foto IR , artinya jika anda ingin mendapatkan hasil foto normal maka anda harus membeli kamera baru. Kelebihan menggunakan cara ini adalah hasil yang diapat sangat memuaskan dan anda bisa mendapatkan moment-moment yang belangsung dengan cepat.

2.   2. IR Filter
Bagi anda yang mungkin kesulitan dana untuk membeli kamera yang dioprek namun ingin mendapatkan hasil foto yang warnanya juga dimanipulasi, anda bisa membeli Filter IR tanpa harus mengoprek kamera anda dan kamera anda bisa menghasilkan warna foto yang normal kembali jika filter yang dipasang didepan lensa kamera anda dilepas. Kekurangan dai memakai filter adalah shutter speed akan menjadi lambat karena cahaya yang masuk akan dihalangi oleh filter tersebut dan resiko foto shake lebih besar oleh karena itu menggunakan IR FILTER ini hanya ideal untuk mengambil objek yang diam (tidak bergerak) dengan bantuan tripod tentunya
.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More