Jumat, 26 Juli 2013

Teknik Panning Dalam Fotografi

Teknik Panning Dalam Fotografi

APA ITU TEKNIK PANNING?


Teknik Fotografi - Panning merupakan pergerakan horisontal dari sebuah kamera ketika merekam sebuah obyek yang sedang bergerak, ketika melakukan teknik ini berarti Sobat menggerakkan kamera secara sinkron terhadap subyek, bingung? sebenarnya tidak sesulit apa yang kalian dengar. Coba gelengkan kepala seperti saat bilang "Tidak"!, nah tapi lakukan hanya separuh jalan, seperti melihat seekor harimau yang sedang lewat di depan kalian. Kamera kalian harus mengikuti gerakan subyek untuk melakukan teknik panning, dan tentu juga kecepatan serta arah harus dilakukan sesempurna mungkin.

 

APA GUNANYA TEKNIK PANNING?


Panning bisa mewakili atau menunjukkan sebuah pergerakan, menciptakan feel gerakan serta kecepatan tanpa mengaburkan subyek seperti yang terjadi pada teknik Slow Shutter Speed. Lihat contoh dibawah ini, dimana gambar pertama adalah contoh panning, perhatikan bahwa subyek masih terasa jelas dan tajam, tetapi elemen diluar itu terlihat blur dan memperlihatkan gerakan dari subyek utama. Gambar ini bisa dibuat menggunakan teknik Panning.


Sekarang lihat gambar kedua. Gambar ini merupakan contoh dari teknik Slow Shutter Speed atau Shutter Speed lambat. Panning juga menggunakan shutter speed lambat tetapi tanpa menggerakkan atau memutar kamera. Semua elemen yang ada di dalam foto terlihat blur, ini dikarenakan oleh posisi kamera yang statis.

TIPS MELAKUKAN PANNING


  1. Gunakan shutter speed yang rendah, tergantung dari cahaya dan kecepatan obyek. Semakin cepat objek maka shutter speed semakin cepat. Berikut rata2 nya: pejalan kaki 1/10, pengendara sepeda 1/20, motor 1/40, mobil bergerak 1/ 60.
  2. Gunakan auto focus
  3. Atur AF mode : AI servo
  4. Gunakan mode TV ( time value )
  5. Saat objek mendekat tekan shutter dan arahkan kamera ke objek.
  6. Lepaskan shutter pada saat objek berada pada posisi yang kamu inginkan.
  7. Coba terus!! :)

Jepretan jepret dari kamera ane



Kunci keberhasilannya adalah berlatihlah terus dan jangan menyerah.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More